Berikut ini adalah tanda-tanda akan kedatangan malam Lailatul Qadr

malam lailatul qadr


Malam Lailatul Qadr adalah malam yang paling dinanti kedangan nya oleh umat musli pada saat bulan Ramadhan, karena malam Lailatul Qadr memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan malam Lailatul Qadr adalah malam Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan.

Allah Ta’ala berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa. ( rumaysho.com )

Kapan waktu terjadinya malam Lailatul Qadr tidak ada seorang pun yang mengetahui nya secara pasti, namun nabi Muhammad telah memberikan kita petunjuk akan datang nya tanda-tanda malam Lailatul Qadr atau malam yang mulia itu. Dikutip dari indoberita.com berikut ini adalah tanda-tanda datang nya malam Lailatul Qadr.

1. Suasana Udara dan suasana pagi hari yang tenang

Sebagaimana yang telah diriwayatkan Ibnu Abbas Dalam hadis , Nabi Muhammad SAW bersabda: “Lailatul Qadr adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Cahaya Matahari cerah namun tidak terasa panas pada keesokan harinya

Sebagaimana dikisahkan oleh Ubay bin Ka’ab , Nabi Muhammad SAW bersabda: “Keesokan hari malam Lailatul Qadr matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

3. Malam lalilatul Qadr datang pada Hari ganjil

Malam Lailatul Qadr akan datang pada hari ganjil , yaitu pada sepertiga terakhir bulan Ramadan. Sebagaimana disebutkan dalam Sebuah hadis dari Aisyah : “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” ” (HR: Bukhari dan Muslim)

4. Suasana Udara terasa tenang

Di dalam Alquran telah menceritakan bahwa pada malam Lailatul Qadr penuh ketenangan, dan suasana pada malam itu sangat berbeda dari malam-malam lain. Suasana lebih tenang, langit yang cerah dan tidak berawan, udara terasa sangat sejuk, tidak panas maupun dingin.

“Lailatul Qadr adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. at-Thobroni)

5. Bulan nampak kelihatan separuh

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad tentang Lailatul Qadr. Dan Rasulullah bersabda: “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Berikut ini adalah tanda-tanda akan kedatangan malam Lailatul Qadr"

Post a Comment