Inilah 5 mitos yang berkembang mengenai payudara kendur

payudara kendur
sumber gambar dari bimbingan.org


Memiliki payudadra yang bagus tentu adalah dambaan bagi para wanita, selain dapat menunjang penampilan menjadi menarik. Selain itu perempuan yang memiliki payudara yang bagus menjadi salah satu daya tarik bagi kaum pria. Oleh karena itu, perempuan sangat menjaga payudara mereka agar payudara mereka tidak mengendur. Namun banyak mitos yang beredar jika beberapa kegiatan tertentu dapat membuat payudara menjadi kendur.

Dikutip dari prevention.com berikut adalah 5 mitos yang beredar mengenai payudara kendur.


1. Menyusui dapat membuat payudara menjadi kendur


Dalam jurnal Aesthetic Surgery pada tahun 2008 menunjukkan hasil studi yang mengungkapkan bahwa menyusui bayi bukanlah factor yang menyebabkan payudara menjadi kendur. Payudara yang mengendur bukanlah karena menyusui atau member ASI kepada bayi, melainkan diduga karena proses kehamilan ungkap Mary Jane Minkin, yang merupakan seorang profesor bidang obstetric dan ginekologi dari Yale University school of Medicine.

Jadi jangan takut untuk menyusui atau memberikan ASI kepada bayi, karena payudara yang kendur karena menyusui atau member ASI hanyalah mitos.


2. Pakai bra khusus untuk mencegah payudara kendur

Sampai sekarang belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan bra jenis tertentu dapat mencegah payudara menjadi kendur. Minkin mengatakan, menggunakan bra pada saat tidur dapat mencegah terjadinya proses pengenduran pada payudara juga merupakan mitos belaka.

Terkecuali pada saat Anda sedang berolahraga, karena payudara akan bergerak naik dan turun sehingga dapat membuat jaringan payudara meregang yang mungkin dapat membuat kendur payudara.Sebaiknya gunakanlah bra yang dapat menahan gerakan payudara yang berlebihan.


3 Latihan fisik dapat bisa mengencangkan payudara.


Direktur Medis Clinical Breast Services and Breast Programs dari New York University Langone Medical Center Deborah Axelrod mengatakan, latihan fisik memang berguna untuk otot dada, terutama pada bagian yang berada tepat di bawah payudara.

Namun,  payudara tidak terdiri dari otot sehingga tidak ada latihan fisik tertentu yang dapat mengencangkan payudara, dan apabila tidak melakukan latihan fisik bukan berarti dapat membuat payudara menjadi kendur.


 4. Payudara yang ukurannya kecil tidak akan kendur


Payudara yang berukuran kecil ataupun besar sama-sama berisiko untuk kendur. Namun, menurut Minkin, payudara yang memiliki ukuran kecil juga akan lebih kecil risikonya karena jaringan dalam payudara lebih sedikit.

Sementara itu, menurut Axelrod, payudara kendur bisa dipengaruhi oleh kepadatan payudara di mana terdapat lemak dan jaringan. Payudara yang sangat padat diketahui memiliki jaringan lebih banyak dibanding lemak sehingga akan lebih mudah kendur. Sementara payudara yang tidak terlalu padat mengandung lebih banyak lemak dibanding jaringan.


5. Tidak ada cara untuk mencegah payudara kendur


Payudara kendur memang tak bisa dihindari bagi para wanita seiring dengan bertambahnya usia. Namun, upaya untuk mencegah terjadinya payudara kendur terjadi lebih cepat bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan tidak merokok, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Aesthetic Surgery, wanita yang merokok lebih berisiko memiliki payudara kendur. Selain itu, upaya untuk mencegah pengenduran pada payudara juga bisa dilakukan dengan cara menjaga berat badan tetap ideal dan sehat.

Nah, itulah 5 mitos mengenai payudara kendur yang berkembang dalam masyarakat.

0 Response to "Inilah 5 mitos yang berkembang mengenai payudara kendur"

Post a Comment