Kenapa lagu sedih dan galau jadi primadona dikalangan anak muda ?

musik sedih dan galau


Dikutip dari Science Daily pada taggal 22 Juli, pada saat mendengarkan lagu yang sedih manusia memproses rasa sedih yang berbeda dan merasakan sendiri dalam kehidupan nyata. Untuk membuktikan kebenaran hal ini, Kawakami dan rekannya mengundang 44 orang dalam kajiannya.

Separuh dari orang tersebut berprofesi sebagai musisi dan 22 orang lainnya merupakan orang biasa. Masing-masing dari mereka bertugas untuk mendengarkan musik yang sedih dan musik bahagia yang kemudian emosi mereka akan di ukur setelah mendengarkan musik tersebut. Ilmuwan yang berasal dari Tokyo University itu mengungkapkan bahwa andanya perbedaan yang kontradiktif tentang bagaimana responden merasakan rasa sedih.

Dalam penelitian itu, musik sedih ternyata ditangkap sebagai hal yang menyenangkan. Hal ini terjadi karena emosi sedih yang didapat dari musik tidak membahayakan kejiwaannya.

Selain itu, para responden juga mengungkapkan bahwa emosi sedih pada musik ternyata lebih tragis, kurang romantis, dan kurang menyenangkan jika dibandingkan dengan rasa sedih yang mereka alami sendiri di dunia nyata. Bahkan, Kawakami juga beragumentasi musik sedih bisa membantu mengusir emosi negatif.

Dengan penjelasan tersebut, Kawakami berhasil menemukan jawaban kenapa orang-orang suka dengan lagu yang sedih. Dalam kata lain, musik sedih ternyata tidak sesedih jika dibandingkan dengan kesedihan dalam kehidupan nyata. Malah bisa memberikan perasaan yang sebaliknya.

Sepetinya itulah yang menyebabkan kenapa banyak orang yang suka mendengarkan musik yang sedih.





Artikel oleh Sabar Artiyono/brilio.net yang kami lakukan sedikit penyuntinganGanbar by bbc.co.uk

0 Response to "Kenapa lagu sedih dan galau jadi primadona dikalangan anak muda ?"

Post a Comment