10 Manfaat kunyit untuk kesehatan, rugi banget kalo gak baca?



Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Kunyit memiliki banyak sekali kegunaan atau manfaat seperti untuk bumbu masakan, pewarna alami. Selain itu kunyit juga memiliki manfaat yang lebih banyak lagi untuk kesehatan manusia.

Kandungan zat yang terdapat pada kunyit

Beberapa kandungan zat yang dimiliki oleh kunyit yaitu sebagai berikut.

Zat warna kurkuminoid

Terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin dan sekita 3-4 persen merupakan senyawa diarilheptanoid.

Miyak Atsiri

Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.

Mineral

Terdiri dari Kalsium, Kalium, Natrium, Kobalt, Seng, Magnesium besi, Aluminium, Mangan dan bismuth.

Dan juga terdiri dari zat lain seperti Fruktosa, Arabinosa, Pati, Glukosa, Dammar dan Tannin.


Manfaat dan khasiat kunyit

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari kunyit yang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan.

1. ANTI INFLAMASI ATAU PERADANGAN

Minyak volatile yang terdapat dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dari bermacam-macam eksperimental dan penelitian. Bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dapat terjadi karena pigmen kuning atau orange dari kunyit yang disebut curcumin.

Curcumin dikatakan sebagai agen farmakologis utama pada kunyit. Hasil dari berbagai penelitian menyatakan efek dari anti inflamasi terbukti mempunyai kekuatan yang sama dengan obat Hydrocortisone dan Fenilbultazo sebagai zat anti inflamasi semacam Motrin. Selain itu Curcumin juga tidak menghasilkan toksisitas.

2. MENCEGAH DIABETES

Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin yang mampu mengurangi resistansi insulin. Hal inilah yang dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes karena karena kadar glukosa dalam darah dapat dikendalikan.

3. MENCEGAH ALZHEIMER

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang bermasalah pada kemampuan ingatan, penilaian, dan berpikir. Berbagai hasil penelitian  menunjukkan bahwa kurkumin, konstituen biologis aktif yang terdapat pada kunyit, mampu mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, jika dipicu dalam jaringan otak, dapat mengakibatkan produksi bilirubin antioksidan menjadi tambah kuat, yang melindungi otak untuk melawan oksidatif (radikal bebas) dan cidera.

4. MENCEGAH ANEMIA

Anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, Maka dari itu mengonsumsi kunyit jadi solusi untuk mencegah anemia karena kunyit banyak mengandung zat besi.

5. MENGURANGI LEUKIMIA

Penelitian yang diselenggarakan di London oleh Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL, beliau mempretasikan bukti bahwa mengonsumsi makanan yang diberi bumbu kunyit mampu mengurangi resiko terkena leukimia.

Penelitian yang dilakukan hampir selama 20 tahun ini menyebutkan bahwa curcumin pada kunyit berguna untuk sebagai berikut.

Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang dibuat dari pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)

Menghambat radiasi kerusakan kromosom


Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.


Menghambat terjadinya penggandaan sel leukemia dalam kultur sel


6. MENCEGAH DEPRESI

Menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus juga bisa memicu terjadinya depresi, Kunyit memiliki kandungan yang berguna untuk membantu proses neurotropik sehingga bisa memberikan efek anti depresi.

7. MENCEGAH DAN MENGOBATI KANKER

Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit merupakan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan kurkumin juga memiliki manfaat untuk menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kurkumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak akan bisa  menyebar ke seluruh tubuh yang dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Cara utama yang dilakukan kurkumin yaitu dengan cara meningkatkan fungsi hati.

Ada empat jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi kunyit yaitu kanker hati, kanker darah, kanker usus besar dan kanker prostat.

8. DAPAT MEYEMBUHKAN LUKA

Kunyit dapan digunakan untuk menyembuhkan luka, baik itu luka bakar ataupun luka biasa. Hal ini terjadi karena kunyit mengandung zat anti septik dan juga anti bakteri.

9. MENGOBATI GATAL DAN PENYAKIT KULIT

Caranya yaitu dengan membalurkan ramuan yang terdiri dari 4 ruas kunyit, biji cengkeh pada bagian tubuh yang gatal.

10. MENCEGAH DAN MENGOBATI PANAS DALAM

Caranya yaitu dengan memarut satu siung kunyit yang cukup besar yang kulitnya sudah dibuang, kemudian seduh dan tambahkan gula merah. Lebih baik diminum dalam kondisi masih hangat.

Itulah 10 Manfaat kunyit, yang sangat berguna untuk kesehatan manusia.



0 Response to "10 Manfaat kunyit untuk kesehatan, rugi banget kalo gak baca?"

Post a Comment