SHARE !!! Mitos tentang sayuran ini telah berkembang pesat ditengah masyarakat

sayuran vegetable
Mitos yang telah berkembang ditengah masyarakat


Sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi karena berguna untuk keseimbangan asupan gizi pada tubuh. Namun ada banyak informasi yang tidak benar berkembang di tengah masyarakat.

Di kutip dari Primer Magazine, inilah mitos tentang sayuran yang berkembang dalam masyarakat.


1. NILAI GIZI DITENTUKAN OLEH WARNA


Sayuran yang mempunyai warna mencolok memiliki kandungan yang tinggi didalamnya, mitos ini lah yang banyak beredar dilingkungan masyarakat. Ini merupakan hal yang keliru. Dalam beberapa jenis sayuran hal ini merupakan pengecualian. Sebagai contohnya adalah kubis putih. Sayuran ini kaya akan vitamin A, B, C, dan K, kalsium, zat besi, dan serat. Walaupun warna sayuran ini tidak secerah sayuran yang lain, namun memiliki kandungan gizi yang tinggi,  demikian juga dengan kembang kol putih yang kaya akan antioksidan.


2. SAYURAN SEGAR LEBIH BAGUS DARI YANG DI KALENGKAN


Dalam kehidupan sehari-hari tentu banyak sekali jenis kebutuhan sayuran yang akan dikonsumsi. Apalagi jika sudah berhubungan dengan proses ekspor-impor. Pengalengan atau pembekuan sayuran dilakukan agar gizi dalam sayuran bertahan lama saat proses pendistribusian. Jadi, anggapan jika sayuran segar memiliki nilai gizi yang lebihjika  dibandingkan dengan sayuran yang dikalengkan tidaklah sepenuhnya benar.


3. DIMAKAN MENTAH LEBIH BAIK DARIPADA DIMASAK

Sampai saat ini belum ada hasil dari penelitian akan kebenaran hal ini, malahan nutrisi yang ada dalam sayur bisa menjadi lebih tinggi apabila dimasak. Selain itu, proses memasak juga bisa memecah serat dalam sayuran sehingga memudahkan tubuh untuk menyerapnya. Selain itu, hilangnya kandungan gizi dalam sayur juga dipengaruhi oleh penyimpanan dan juga proses persiapan dalam memasak.


4. BAYAM KAYA DENGAN ZAT BESI


Pada film serial kartun Popeye digambarkan jika memakan sayur akan membuat tubuh menjadi kuat. Hal ini tidak lah benar, hal ini terjadi karena ilmuan Jerman yang salah melakukan pencatatan. Ternyata kandungan zat besi yang ada pada bayam tidak lebih banyak daripada jenis sayuran yang lainnya. Selain hal itu, ternyata kandungan zat besi yang ada dalam bayam susah untuk di cerna oleh tubuh.


5. WORTEL MAMPU MENGURANGI MINUS


Banyak sekali yang mengatakan dan menganjurkan untuk mengonsumsi wortel jika mata terkena minus. Ternyata hal itu tidaklah benar, kandungan pada wortel hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata khususnya pada bagian retina. Jadi, sebanyak apapun Anda memakan wortel tidak mengurangi mata minus Anda atau menambah kulitas penglihatan Anda.


Itulah mitos yang telah berkembang ditengah masyarakat.
Ayo dibantu share agar masyarakat tidak salah kaprah lagi tentang sayuran.


0 Response to "SHARE !!! Mitos tentang sayuran ini telah berkembang pesat ditengah masyarakat"

Post a Comment